Wedang Uwuh Minuman Tradisional dari Bantul, Yogyakarta

Minuman tradisional satu ini tidak hanya memiliki rasa yang nikmat dan khas, namun juga berkhasiat untuk tubuh kita. Namanya adalah Wedang Uwuh.


Apakah Wedang Uwuh itu?

Wedang Uwuh adalah salah satu minuman tradisional yang berkhasiat untuk menghangatkan badan dan dapat mencegah atau meredakan penyakit ringan lainnya. Minuman ini merupakan minuman tradisional dari Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Yang menjadi ciri khas dari Wedang Uwuh ini adalah tampilannya yang sedikit berantakan karena berisi ramuan jamu yang diseduh langsung di gelasnya. Selain khasiatnya yang baik untuk tubuh, Wedang Uwuh ini juga memiliki rasa yang nikmat dan sangat khas sehingga sangat disukai oleh masyarakat. 

Minuman ini dinamakan “Wedang Uwuh” yang dalam bahasa jawa berarti “Minuman sampah”. Sesuai dengan namanya, Wedang Uwuh ini berisi campuran rempah – rempah yang sekilas terlihat seperti sampah dedaunan yang dimasukan ke dalam gelas. Bahan yang di gunakan untuk membuat Wedang Uwuh ini diantaranya seperti jahe, cengkeh, serutan kayu manis, pala, serai, kapulaga dan daun pala.

Proses pembuatan Wedang Uwuh ini cukup sederhana. Pertama bahan – bahan tersebut disiapkan sesuai dengan porsinya, hal ini dilakukan agar rasanya pas. Kemudian seduh dengan air panas dan aduk hingga warnanya merah. Kemudian masukkan gula batu secukupnya kedalam gelas yang di gunakan untuk menyeduh Wedang Uwuh tersebut dan siap untuk di sajikan. Gula batu ini di pilih karena gula batu dapat memberikan rasa manis, namun tidak mengubah rasa dan aroma asli pada minumannya.

Wedang Uwuh ini sangat enak diminum selagi panas atau hangat. Untuk menikmatinya kita harus mengaduknya dulu sampai gula batunya mencair dan menghasilkan manis seperti yang kita inginkan. Karena sebagian penjual biasanya tidak mengaduk gula batu tersebut agar pembeli bisa menyesuaikan dengan seleranya masing – masing. Bagi anda yang tidak suka ampasnya, kita bisa menyaringnya namun sebelum di saring, pastikan rasa dari bahan tersebut sudah bercampur dan mendapatkan rasa yang pas untuk kita.

Rasa dari Wedang Uwuh ini sangat unik dengan perpaduan manis dan sedikit pedas dari jahenya, tentu memberikan cita rasa yang khas pada minuman satu ini. Selain itu aroma harum dari bahan rempah tersebut tentunya dapat menggugah selera kita untuk menikmatinya. Wedang Uwuh ini sangat pas bila dinikmati saat cuaca dingin atau hujan. Selain rasanya yang nikmat, Wedang Uwuh ini juga dapat berfungsi sebagai penghangat badan karena bahan rempah yang ada di dalamnya. Selain itu juga dapat berfungsi meredakan batuk, mengatasi mual, mengandung antioksidan, memperlancar peredaran darah, dan lain – lain.
Gambar : Wedang Uwuh
Wedang Uwuh ini bisa kita temukan di daerah Imogiri, Bantul, Yogyakarta, tepatnya di daerah wisata Imogiri, disana banyak penjual yang menjajakan minuman ini. Tidak hanya bisa diminum di sana, sebagian penjual juga menyediakannya untuk oleh – oleh dalam kemasan plastic, sehingga kita bisa menyeduhnya sendiri di rumah. Nah bagi anda yang berkunjung ke Bantul, Yogyakarta, kurang lengkap rasanya bila belum menikmati minuman tradisional dari Imogiri ini.

Cukup sekian pengenalan tentang “Wedang Uwuh Minuman Tradisional dari Bantul, Yogyakarta”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: