Dawet Jabung Minuman Tradisional Dari Ponorogo, Jawa Timur

Minuman tradisional satu ini merupakan jenis minuman dawet khas dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Namanya adalah Dawet Jabung.

Apakah Dawet Jabung itu?

Dawet Jabung adalah minuman tradisional sejenis dawet yang berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. Minuman ini sekilas hampir sama dengan es dawet pada umumnya, namun rasa dan penyajiannya sedikit berbeda. Selain rasanya yang khas, minuman ini juga sangat menyegarkan sehingga cocok untuk dinikmati saat udara panas di siang hari. Dawet Jabung ini merupakan minuman tradisional yang cukup terkenal di Ponorogo dan menjadi salah satu bagian dari kuliner khas disana.

Asal Dawet Jabung

Minuman ini disebut Dawet Jabung karena daerah asalnya bernama Desa Jabung, yaitu suatu desa di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Selain merupakan daerah asal Desa Jabung juga terkenal sebagai sentra penjualan Dawet Jabung, karena banyaknya penjual es Dawet Jabung disana. Rasanya yang khas dan menyegarkan membuat Dawet Jabung ini banyak dikenal oleh banyak orang, baik masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung kesana.

Keistimewaan Dawet Jabung

Dawet Jabung ini bila dilihat sekilas hampir mirip dengan dawet pada umumnya, namun bila di rasakan akan terasa sedikit berbeda. Yang membedakan Dawet Jabung dengan dawet lainnya terletak pada perpaduan rasa manis dan gurih pada kuahnya. Berbeda dengan dawet di daerah lain yang kebanyakan hanya menggunakan santan sebagai pencipta rasa gurihnya. Pada Dawet Jabung ini selain menggunakan santan, juga ditambahkan sedikit garam sehingga menciptakan rasa yang khas pada minuman satu ini. Selain itu Dawet Jabung ini juga tidak menggunakan pewarna makanan pada cendolnya, sehingga warna putih sangat dominan pada tampilan Dawet Jabung ini.

Pengolahan Dan Penyajian Dawet Jabung

Cendol yang digunakan pada Dawet Jabung ini terbuat dari tepung aren yang kemudian diolah menjadi cendol pada umumnya. Cendol tersebut kemudian disajikan dengan kuah yang terdiri dari kuah satan kelapa muda, kuah gula merah dan ditambahkan garam. Untuk memperkaya rasa dari Dawet Jabung ini maka ditambahkan seperti irisan buah nangka dan tape ketan. Kemudian tidak lupa ditambahkan juga es batu sebagai peyegar.

Cita Rasa Dawet Jabung

Dawet Jabung ini memiliki cita rasa yang khas dan menyegarkan. Perpaduan rasa manis dan sedikit asin pada kuahnya tentu memberikan cita rasa tersendiri pada minuman satu ini. Selain itu, penambahan irisan nangka dan tape ketan ini memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya. Dawet Jabung ini sangat cocok disajikan dalam keadaan dingin dan dinikmati pada siang hari yang panas.

Tempat Kuliner Dawet Jabung

Dawet Jabung ini sangat mudah kita temukan di Ponorogo, Jawa Timur. Salah satu sentra penjualan Dawet Jabung ini adalah di Desa Jabung, Kecamatan Mlarak, Ponorogo.Di sepanjang jalan di sana banyak terdapat warung es Dawet Jabung ini. Peminat Dawet Jabung ini tidak hanya dari masyarakat lokal, banyak juga wisatawan yang menyempatkan diri untuk menikmati minuman tradisional ini. nah bagi anda yang berkunjung ke Ponorogo, tentu kurang lengkap bila belum menikmati minuman satu ini.

Sekian pengenalan tentang “Dawet Jabung Minuman Tradisional Dari Ponorogo, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: