Gethuk Pisang Makanan Tradisional Dari Kediri, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisional jenis gethuk yang sangat khas dari Kediri, Jawa Timur. Namanya adalah Gethuk Pisang.

Apakah Gethuk Pisang itu?

Gethuk Pisang adalah makanan tradisional sejenis gethuk yang terbuat dari bahan dasar pisang. Gethuk yang satu ini berbeda dengan gethuk pada umumnnya, baik dari segi bahan, penyajian maupun rasanya.Gethuk Pisang merupakan salah satu makanan khas kota Kediri, Jawa Timur. Konon, Gethuk Pisang ini merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak dulu kala dan di wariskan secara turun temurun oleh masyarakat disana. Kini selain dijadikan cemilan khas, Gethuk Pisang ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas bagi pengunjung atau wisatawan yang datang ke kota Kediri. 

Keistimewaan Gethuk Pisang

Gethuk Pisang ini tidak seperti gethuk pada umumnya yang terbuat dari singkong atau ubi, karena Gethuk Pisang ini terbuat dari bahan pisang. Pisang yang digunakan pun merupakan jenis pisang khusus, sehingga memiliki cita rasa yang khas. Selain itu Gethuk Pisang ini juga dibungkus dengan daun pisang seperti lemper, sehingga menghasilkan aroma yang sangat khas.

Pengolahan Gethuk Pisang

Gethuk Pisang ini terbuat dari bahan dasar pisang jenis khusus yaitu pisang jenis raja nangka. Pisang raja nangka ini memiliki aroma dan rasa yang khas, selain itu teksturnya juga cocok untuk dijadikan gethuk. Proses pengolahan Gethuk Pisang ini cukup sederhana. Pertama pisang dikupas dan dihaluskan dengan cara ditumbuk hingga menjadi seperti adonan. Kemudian ditambahkan gula pada adonan tersebut sebagai pemanis. Untuk penyedap rasa ada juga yang menambahkan sedikit gula dan vanili pada adonannya. Adonan tersebut lalu diaduk hingga rata. Kemudian ditaruh pada daun pisang lalu dibungkus dengan cara digulung dan disematkan dengan lidi agar tidak lepas. Dan yang terakhir, adonan yang sudah dibungkus tersebut dikukus agar adonan mengeras dan aroma daun pisangnya terasa.

Cita Rasa Gethuk Pisang

Gethuk Pisang ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Perpaduan rasa manis dan asam yang sangat khas dari pisangnya memberikan cita rasa tersendiri pada Gethuk Pisang ini. Selain itu aroma pisang dan daun pisangnya sangat terasa sehingga memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya. Gethuk Pisang ini sangat cocok dijadikan cemilan saat berkumpul bersama keluarga atau sahabat. Selain rasanya yang khas, Gethuk Pisang ini juga sehat untuk dikonsumsi karena bahannya sangat alami dan tanpa bahan pengawet.

Tempat Kuliner Gethuk Pisang

Gethuk Pisang ini merupakan makanan tradisional yang cukup terkenal di Kediri, Jawa Timur. Disana, makanan ini sangat mudah kita temukan, karena banyak penjual yang menjajakan makanan ini, baik di pasar, warung, maupun toko oleh-oleh. Bagi anda yang berkunjung ke kota Kediri, tentu kurang lengkap rasanya bila belum membawa pulang makanan khas satu ini. Dalam kondisi normal Gethuk Pisang ini bisa bertahan sampai 2 hari, karena tidak menggunakan bahan pengawet. Namun bila anda menyimpannya di kulkas, maka bisa bertahan sampai 5 hari.

Sekian pengenalan tentang “Gethuk Pisang Makanan Tradisional Dari Kediri, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: