Jenang Mirah Oleh - oleh Khas Dari Ponorogo, Jawa Timur

Bagi anda yang berkunjung ke Ponorogo, Jawa Timur, tentu kurang lengkap bila belum membawa pulang makanan khas satu ini. Namanya adalah Jenang Mirah.

Apakah Jenang Mirah itu?

Jenang Mirah adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan, gula jawa, dan santan. Makanan satu ini sekilas hampir mirip dengan dodol, namun teksturnya lebih lembut dan rasanya sangat khas. Jenang Mirah ini merupakan makanan tradisional yang cukup terkenal di Ponorogo dan dijadikan salah satu oleh – oleh khas di sana.

Asal Jenang Mirah

Makanan ini dinamakan Jenang Mirah karena yang pertama kali membuat makanan ini adalah Bu Mirah, yaitu seorang warga Desa Josari,Kecamatan Jetis, Ponorogo. Awalnya bu mirah menjajakan jenang ini secara berkeliling dari desa, pasar, bahkan di stasiun. Karena rasanya yang khas dan nikmat, Jenang Mirah ini mulai dikenal dan disukai oleh masyarakat. Hingga kini Jenang Mirah tidak lagi dijajakan secara berkeliling, namun berkembang menjadi industri rumahan. Tidak hanya sampai disitu saja, Jenang Mirah juga dikenal sebagai salah satu makanan khas dan oleh - oleh khas dari Ponorogo, Jawa Timur.

Keistimewaan Jenang Mirah

Jenang Mirah ini sedikit berbeda dengan olahan jenang pada umumnya. Jenang Mirah ini memiliki tekstur yang lembut dan terlihat lentur namun tidak lengket. Selain itu Jenang Mirah ini juga di buat dengan cara tradisional dengan bahan khusus dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Pengolahan Jenang Mirah

Jenang Mirah ini terbuat dari bahan seperti beras ketan, gula jawa, dan santan. Dalam proses pembuatan Jenang Mirah ini cukup tradisional, bahan – bahan tadi diolah menjadi suatu adonan khusus kemudian dimasak menggunakan tungku dan kayu bakar. Selain lebih irit, memasak menggunakan kayu bakar ini juga tidak mengubah rasa asli dari jenangnya. Adonan tersebut dimasak hingga terlihat kecoklatan dan menjadi jenang. Setelah jenangnya sudah jadi, kemudian didinginkan dan dikemas.

Cita Rasa Jenang Mirah

Jenang Mirah ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Perpaduan gula jawa dan santan dalam Jenang Mirah ini menghasilkan rasa manis yang khas. Selain itu teksturnya yang lembut dan sedikit kenyal memberikan sensasi tersendiri saat kita menikmatinya. Jenang Mirah ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai cemilan atau dijadikan oleh – oleh saat anda berkunjung ke sana.

Tempat Kuliner Jenang Mirah

Jenang Mirah merupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal. Makanan  ini bisa kita temukan di berbagai toko oleh – oleh yang ada di Ponorogo, Jawa Timur. Jenang Mirah ini biasanya dijual dalam berbagai bentuk kemasan dan setiap jenis biasanya memiliki harga yang berbeda. Bagi anda yang berkunjung atau berwisata di Ponorogo, tentu kurang lengkap rasanya bila belum membawa pulang makanan satu ini. Jenang Mirah ini biasanya bisa bertahan tiga sampai tujuh hari, walaupun tidak menggunakan bahan pengawet sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh – oleh atau menemani perjalanan anda.

Sekian pengenalan tentang “Jenang Mirah Oleh - oleh Khas Dari Ponorogo, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: