Kupang Kraton Makanan Tradisional Dari Pasuruan, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan olahan Lontong Kupang yang khas dari Pasuruan, Jawa Timur. Namanya adalah Kupang Kraton.

Apakah Kupang Kraton itu?

Kupang Kraton adalah makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar kupang. Kupang sendiri merupakan binatang laut sejenis kerang kecil, berwarna coklat pucat dan banyak terdapat di pesisir pantai utara Jawa Timur seperti Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Makanan ini hampir mirip dengan Lontong Kupang, namun yang sedikit berbeda adalah dari rasanya. Kupang Kraton ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Pasuruan, Jawa Timur.

Asal Kupang Kraton

Daerah Pasuruan, Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang dikenal sebagai penghasil kupang. Karena banyak nelayan disana selain mencari ikan, mereka juga mencari kupang untuk dikonsumsi atau diproduksi. Kupang ini biasanya diolah menjadi makanan seperti Lontong Kupang, Sate Kerang, Pelasan Kupang dan lain – lain. Salah satu yang cukup terkenal dimasyarakat adalah Lontong Kupang. Selain dikonsumsi sendiri, banyak juga penjual yang menjajakan makanan satu ini. Salah satu tempat di Pasuruan yang menjadi sentra penjualan Lontong Kupang ini adalah di sekitar Pasar Kraton. Sehingga Lontong Kupang disana juga dikenal dengan sebutan Kupang Kraton.

Pengolahan Dan Penyajian Kupang Kraton

Pengolahan Kupang Kraton ini hampir sama dengan Lontong Kupang di Sidoarjo dan Surabaya. Pertama kupang dikupas dan dicuci sampai bersih, kemudian dimasak hingga matang bersama dengan bumbu seperti bawang putih, gula jawa, garam, dan petis. Pada penyajiannya, Kupang Kraton ini disajikan bersama dengan irisan lontong dan lentho. Sebagai penyedap rasa bisa juga ditambahkan bawang goreng dan jeruk nipis. Untuk menikmatinya, sangat pas bila ditemani dengan es kelapa muda dan sate kerang.

Cita Rasa Kupang Kraton

Walaupun bentuknya hampir sama dengan Lontong Kupang di Sidoarjo atau Surabaya, namun Kupang Kraton ini memiliki cita rasa yang sedikit berbeda. Perbedaan itu terletak pada bumbu petisnya, petis yang digunakan untuk Kupang Kraton ini pada dasarnya terbuat dari bahan dasar kupang, sehingga memiliki cita rasa yang khas. Selain itu kuah pada Kupang Kraton ini lebih bening dan lebih lembut. Pada dasarnya Kupang Kraton ini didominasi oleh rasa manis, asam dan gurih. Namun apabila anda menyukai makanan pedas anda juga bisa menambahkan cabai atau sambal.

Tempat Kuliner Kupang Kraton

Kupang Kraton sangat mudah kita temukan di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Salah satu sentra penjualan Kupang Kraton adalah di kawasan Pasar Kraton. Disana banyak penjual atau warung makan yang menyediakan menu satu ini. Dan warung – warung tersebut biasanya dibuka dari pagi sampai malam. Bagi anda yang berkunjung ke daerah Pasuruan, Jawa Timur tentu makanan satu ini bisa dijadikan pilihan bagi anda untuk menikmati makanan khas disana. 

Sekian pengenalan tentang “Kupang Kraton Makanan Tradisional Dari Pasuruan, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: