Nasi Boran Makanan Tradisional Dari Lamongan, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan makanan tradisional yang hanya dapat kita temukan di Lamongan, Jawa Timur. Namanya adalah Nasi Boran.

Apakah Nasi Boran itu?

Nasi Boran adalah makanan tradisional yang terdiri dari nasi dan di hidangkan dengan aneka lauk-pauk khas dari Lamongan, Jawa Timur. Makanan ini biasanya disajikan pada daun pisang dan bekas kertas koran yang dibentuk kerucut sehingga terlihat sangat sederhana, namun memiliki rasa yang sangat luar biasa nikmatnya. Nasi Boran merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal dan jarang bisa kita temukan di tempat lain, selain di Lamongan, Jawa Timur.

Asal Nasi Boran

Nasi Boran merupakan makan tradisional yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Makanan ini sangat sulit ditemukan di tempat lain, karena hanya dijual di kota asalnya saja yaitu Lamongan. Makanan ini disebut Nasi Boran karena biasanya dijajakan oleh para penjual dengan menggunakan boran yang digendong di punggung mereka dan diikat dengan kain gendongan. Boran sendiri merupakan tempat nasi besar terbuat dari bambu yang dianyam rapat. Nasi Boran ini sangat mudah kita temukan di Lamongan, hampir di setiap tempat atau di pinggir jalan slalu ada yang menjajakan makanan satu ini.

Keistimewaan Nasi Boran

Keistimewaan Nasi Boran ini adalah berbagai aneka lauk-pauk yang sangat khas, baik lauk utama maupun lauk tambahannya. Dalam lauk-pauk ini terdapat beberapa jenis lauk yang jarang kita temukan di daerah lain seperti gimbal empuk, pletuk dan ikan sili. Gimbal empuk merupakan makanan berbentuk bulat yang terbuat dari tepung terigu dan bumbu lainnya dan memiliki rasa gurih. Sedangkan Pletuk merupakan kacang kedelai yang di sangrai dan di tumbuk halus. Lauk-pauk tersebut kemudian ditambahkan sambal pedas merah yang terbuat dari bumbu khusus, sehingga menambah kenikmatan makanan satu ini.

Penyajian Nasi Boran

Nasi Boran ini biasanya disajikan dengan menggunakan daun pisang dan kertas yang dibentuk kerucut, kemudian nasi dan lauknya di taruh di dalam wadah tersebut. Lauk-pauk pada Nasi Boran ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu lauk utama dan lauk tambahan. Dalam lauk utama biasanya terdapat jenis makanan seperti gimbal empuk, pletuk, letok tahu, tempe, krawu, peyek kacang atau peyek teri dan tidak ketinggalan juga sambal merah pedas.

Kemudian untuk lauk tambahan / pelengkap biasanya terdapat aneka lauk seperti ayam goreng, udang goreng, bandeng goreng, ikan gabus, ikan sili, telur asin, sate jeroan dan dadar telur. Untuk dadar telur ini cukup unik dan berbeda dengan dadar telur biasanya. Telur dadar ini lebih tebal dari biasanya karena dibuat dengan campuran tepung sehingga memiliki rasa yang gurih dan khas. Lauk pelengkap ini biasanya disajikan sesuai dengan permintaan pembeli. Selain itu, ada juga penjual yang menyediakan Nasi jagung sebagai variasi dari Nasi Boran ini.

Cita Rasa Nasi Boran

Nasi Boran ini memiliki cita rasa yang khas. Selain kaya akan lauk-pauk yang beraneka ragam, sambal merah pedasnya juga sangat khas dengan parutan kelapa didalamnya sehingga menambah kelezatan pada Nasi Boran ini. Perpaduan aneka lauk-pauk dan sambal tersebut tentunya menjadi ciri khas dan keistimewaan dari makanan satu ini.

Tempat Kuliner Nasi Boran

Nasi Boran ini sangat mudah kita temukan di daerah Lamongan, Jawa Timur. Hampir setiap tempat atau di pinggir jalan disana, banyak penjual yang menjajakan Nasi Boran ini secara lesehan. Nasi Boran ini biasanya di jual dengan harga yang relatif murah, tergantung dengan menu yang anda pesan. Nah bagi anda yang berkunjung ke Lamongan tentu kurang lengkap bila belum menikmati sajian Nasi Boran ini, karena Nasi Boran ini hanya ada di sana dan sulit ditemukan di daerah lain.

Sekian pengenalan tentang “Nasi Boran Makanan Tradisional DariLamongan, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: