Onde-onde Makanan Tradisional Dari Mojokerto, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisional yang menjadi icon kuliner di Mojokerto, Jawa Timur. Namanya adalah Onde-onde.

Apakah Onde-onde itu?

Onde-onde adalah makanan tradisional yang bentuknya bulat dimana di bagian luarnya terasa kenyal dan di dalamnya terdapat campuran kacang hijau dan gula merah. Makanan satu ini merupakan makanan tradisional yang terkenal di Indonesia dan biasanya banyak kita jumpai di pasar tradisional. Salah satunya adalah di Mojokerto, Jawa Timur  yang menjadikan Onde-onde ini sebagai makanan tradisional dan oleh – oleh khas di sana.

Asal Usul Onde-onde

Menurut beberapa sumber sejarah yang ada, Onde-onde ini awalnya berasal dari Negeri Tiongkok. Kemudian dibawa ke Indonesia pada masa Kerajaan Majapahit oleh laksamana dari Negeri Tiongkok yang berkunjung ke Kerajaan Majapahit. Hingga akhirnya makanan ini sering disajikan sebagai menu kue di istana dan mulai berkembang dimasyarakat majapahit pada saat itu. 

Pada awalnya Onde-onde yang dibawa dari Negeri Tiongkok itu berbeda dengan Onde-onde yang ada di Indonesia saat ini. Awalnya Onde-onde ini hanya berisi pasta gula merah saja dan rasanya manis. Namun di Indonesia sendiri Onde-onde ini kemudian dimodifikasi dengan penambahan kacang hijau sehingga memiliki rasa yang sedikit gurih dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Pengolahan Onde-onde

Onde-onde ini terbuat dari campuran kacang hijau dan gula merah dan dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung ketan dan taburan wijen. Dalam proses pengolahannya, pertama kacang hijau dikukus dan dihaluskan. Lalu dimasak dan dicampur dengan campuran gula hingga adonan rata dan dapat di bentuk bulat. Kemudian dibungkus dengan kulit yang terbuat dari campuran tepung ketan dan dilumuri dengan wijen. Setelah itu kemudian digoreng dalam minyak yang banyak dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Cita Rasa Onde-onde

Onde-onde di Mojokerto ini memiliki cita rasa yang khas dan sedikit berbeda dengan Onde-onde lainnya. Salah satu keistimewaan Onde-onde Mojokerto ini adalah kulitnya yang kenyal, sehingga menimbulkan sensasi tersendiri saat kita memakannya. Selain itu perpaduan rasa manis isi onde – onde dan rasa gurih dari wijen memberikan kenikmatan  tersendiri pada makanan tradisional satu ini.

Tempat Kuliner Onde-onde

Onde-onde ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Mojokerto dan menjadi icon kuliner disana. Onde-onde ini sangat mudah kita temukan disana, karena hampir di setiap jalan besar disana banyak warung yang menjajakan onde – onde ini. Selain bisa dimakan di sana, kita juga bisa menjadikannya sebagai oleh – oleh. 

Onde-onde ini biasanya dijual dalam keadaan hangat atau habis digoreng, sehingga terjaga kualitasnya. Karena bila sudah terlalu lama akan menjadi lembek dan cenderung alot. Selain isi kacang hijau, penjual biasanya juga menyediakan rasa lain seperti rasa keju, rasa gula dan lain – lain. Untuk harga Onde-onde ini realatif murah sehingga tidak telalu menguras dompet kita. Nah bagi anda yang berkunjung dan berwisata ke Mojokerto, tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati dan membawa pulang makanan tradisional satu ini.

Sekian pengenalan tentang “Onde-onde Makanan Tradisional Dari Mojokerto, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: