Pecel Tumpuk Makanan Tradisional Dari Ponorogo, Jawa Timur

Jawa timur terkenal dengan nasi pecelnya, namun setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam rasa atau penyajiannya. Berikut ini merupakan sajian nasi pecel khas Ponorogo, namanya adalah Pecel Tumpuk.

Apakah Pecel Tumpuk itu?

Pecel Tumpuk adalah makanan tradisional sejenis nasi pecel yang khas dari Ponorogo, Jawa Timur. Walaupun sekilas bentuknya hampir sama dengan nasi pecel pada umumnya, namun bahan yang digunakan sedikit berbeda dan rasanya pun sangat khas. Pecel Tumpuk ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal dari Ponorogo, Jawa Timur.

Keistimewaan Pecel Tumpuk

Yang menjadi keistimewaan dari Pecel Tumpuk ini adalah penggunaan bahan tambahan seperti lamtoro/petai cina, daun kemangi, dan kembang turi, mengingat jarang sekali nasi pecel di daerah lain yang menggunakannya. Sehingga menghasilkan cita rasa yang khas saat kita menyantapnya. Selain itu juga sambal kacang yang digunakan sedikit kasar/ tidak terlalu lembut, dan rasanya pun tidak terlalu pedas.

Pengolahan Dan Penyajian Pecel Tumpuk

Proses pengolahan Pecel Tumpuk ini hampir sama dengan nasi pecel lainnya, yaitu bahan sayuran direbus terlebih dahulu sebelum disajikan. Untuk sambal kacangnya terbuat dari kacang tanah yang digoreng dan ditumbuk bersama dengan bahan bumbu khusus dan diberi sedikit air agar encer. Untuk proses penumbukan bumbu kacang ini biasanya tidak sampai terlalu halus dan menyisakan butiran kecil kacang. Setelah itu kemudian disajikan bersama dengan sayur dan nasinya.

Dalam penyajiannya biasanya dilakukan secara bertahap. Pertama nasi disiapkan di piring, kemudian ditambahkan sayuran diatasnya. Setelah itu di siram dengan sambal kacang diatasnya lagi dan yang paling atas diisi dengan lauk pauk. Untuk lauk pauk yang di sediakan pada Pecel Tumpuk ini lebih bervariatif, karena terdapat beberapa jenis lauk pauk seperti tempe goreng, rempeyek, dadar jagung, telur goreng, lentho dan lain – lain. Karena penyajiannya yang seakan saling menindih, kemudian nasi pecel ini disebut dengan Pecel Tumpuk. 

Cita Rasa Pecel Tumpuk

Pecel Tumpuk ini memiliki cita rasa yang sangat khas terutama pada pada bahan sayurannya. Penambahan bahan seperti lamtoro dan daun kemangi ini tentu memberikan cita rasa yang khas pada Pecel Tumpuk ini. selain itu sambal kacang yang di buat tidak terlalu lembut sehingga menyisakan butiran kacang yang membuat sambal kacangnya terasa gurih. Pecel Tumpuk ini sangat nikmat bila disajikan dengan lauk pauk yang masih hangat. Untuk jenis lauk ini tentunya disesuaikan dengan selera kita.

Tempat Kuliner Pecel Tumpuk

Pecel Tumpuk ini sangat mudah kita temukan beberapa tempat di Ponorogo, Jawa Timur. Karena banyaknya warung pecel yang menjajakan makanan satu ini. Biasanya setiap warung memiliki ciri khas tersendiri, namun tidak meninggalkan bentuk aslinya. Nah bagi anda yang berkunjung ke Ponorogo, Pecel Tumpuk ini bisa dijadikan sebagai pilihan untuk menikmati makanan tradisional di sana.

Sekian pengenalan tentang “Pecel Tumpuk Makanan TradisionalDari Ponorogo, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: