Rawon Sate Komoh Makanan Tradisional Dari Pasuruan, Jawa Timur

Makanan tradisional satu ini merupakan sajian masakan rawon yang khas dari Pasuruan, Jawa Timur. Namanya adalah Rawon Sate Komoh.

Apakah Rawon Sate Komoh itu?

Rawon Sate Komoh adalah makanan tradisional yang merupakan perpaduan antara masakan Rawon dan Sate komoh. Sate komoh sendiri merupakan sate berukuran lebih besar yang terbuat dari bahan dasar daging sapi. Sedangkan rawon yang disajikan merupakan nasi rawon yang dimasak khusus, sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang khas bila disajikan bersama sate komoh. Rawon Sate Komoh ini merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal dan menjadi makanan khas di Pasuruan, Jawa Timur. 

Pengolahan Dan Penyajian Rawon Sate Komoh

Sate komoh ini terbuat dari daging sapi yang dipotong – potong dengan ukuran yang lebih besar daripada sate biasanya. Dalam proses pengolahannya, daging yang dipotong tadi dimasak dengan bumbu khusus terlebih dahulu sehingga menghasilkan daging yang empuk dan bumbunya meresap. Setelah itu kemudian dipanggang hingga harum dan dilumuri dengan saus khas sate komoh. 

Sedangkan untuk rawon pada Rawon Sate Komoh ini merupakan sajian rawon khas dari Pasuruan. Untuk rawon ini hampir sama dengan sajian nasi rawon pada umumnya di Jawa Timur, hanya saja kuah rawon khas Pasuruan lebih bening dan rasanya lebih halus. Dalam penyajiannya, rawon dan sate komoh tersebut disajikan bersama selagi hangat, dan untuk penyedap rasa bisa ditambahkan sambal dan jeruk nipis.

Cita Rasa Rawon Sate Komoh

Perpaduan rasa rawon dan sate komoh tentunya memberikan cita rasa yang khas pada kuliner satu ini. Rasa kuah rawon yang lembut dipadukan dengan rasa sate yang kaya akan bumbu memberikan perpaduan rasa yang pas di lidah kita. Selain itu aroma sate dan dagingnya yang empuk memberikan sensasi tersendiri saat menikmatinya. Dari perpaduan rasa inilah yang menjadi keistimewaan dari Rawon Sate Komoh dan membuatnya sedikit berbeda dengan sajian rawon lainnya.

Perkembangan Rawon Sate Komoh

Karena rasaya yang khas dan sedikit berbeda dengan sajian rawon pada umumnya, Rawon Sate Komoh ini menjadi makanan yang cukup diminati, baik masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke sana. Di Pasuruan sendiri, Rawon Sate Komoh ini cukup terkenal, disana banyak warung nasi rawon yang menyediakan menu spesial satu ini. Tentunya dengan cara penyajian yang berbeda – beda namun tidak meninggalkan keasliannya.

Bila anda yang berkunjung ke Pasuruan, Jawa Timur, Rawon Sate Komoh ini tentu bisa menjadi pilihan bagi anda untuk menikmati  makanan khas di sana. Nah, sekian pengenalan tentang “Rawon Sate Komoh Makanan Tradisional Dari Pasuruan, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: