Rujak Soto Makanan Tradisional Dari Banyuwangi, Jawa Timur

Makanan tradisional satu ini merupakan perpaduan antara makanan rujak dan soto yang khas dari Banyuwangi, Jawa Timur. Namanya adalah Rujak Soto.

Apakah Rujak Soto itu?

Rujak Soto adalah makanan tradisional yang merupakan perpaduan antara makanan rujak khas Jawa Timur dan soto. Perpaduan makanan tradisional satu ini memang sangat unik, sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat khas. Rujak Soto ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Banyuwangi, Jawa Timur. Di Banyuwangi makanan satu ini cukup terkenal dan menjadi salah satu icon kuliner disana.

Keistimewaan Rujak Soto

Rujak Soto ini merupakan makanan tradisional yang sangat unik, karena merupakan perpaduan antara makanan rujak dan soto. Soto yang kita kenal merupakan makanan yang berkuah dan menyegarkan, dicampur dengan rujak yang dikenal merupakan makanan tradisional tanpa kuah tentu menghasilkan rasa yang sangat khas. Soto yang digunakan pada Rujak Soto ini biasanya merupakan soto babat, namun ada juga yang menggunakan soto sapi maupun soto ayam sebagai variasinya. Dari penampilannya yang unik saja tentu membuat orang yang belum pernah merasakannya menjadi penasaran akan rasa Rujak Soto ini.

Pengolahan Dan Penyajian Rujak Soto

Rujak Soto ini terbuat dari bahan rujak seperti sayuran-sayuran matang seperti bayam dan kangkung, selain itu juga terdapat irisan mentimun, lontong, tahu dan tempe. Untuk saus rujaknya terbuat dari bahan seperti pisang klutuk, kacang goreng, cabe, petis, air asam dan gula jawa. Semua bahan saus rujak tersebut kemudian dihaluskan menjadi saus. Sedangkan soto yang digunakan biasanya hanya kuah dan daging pada soto babat saja, bukan merupakan menu lengkap. 

Dalam penyajiannya bahan rujak disusun di atas piring dan dicampur dengan saus rujak yang sudah dihaluskan. Kemudian disiram dengan kuah soto dan daging babatnya. Kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng, irisan seledri dan kerupuk udang sebagai pelengkap.

Cita Rasa Rujak Soto

Rujak Soto ini memiliki rasa yang sangat khas. Perpaduan rasa rujak yang manis dan sedikit pedas dicampur dengan rasa soto yang meyegarkan dan gurih tentu menghasilkan cita rasa yang sangat khas pada makanan satu ini. Selain itu aroma ditambah dengan aroma petis yang khas tentu memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.

Tempat Kuliner Rujak Soto

Rujak Soto ini merupakan makanan tradisional yang cukup terkenal di Banyuwangi, Jawa Timur. Di sana makanan ini sangat mudah ditemukan karena banyak warung yang menjajakan Rujak Soto ini. Untuk harga satu porsi Rujak Soto ini relatif murah, sehingga kita tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Bagi anda yang berkunjung ke Banyuwangi, Rujak Soto ini tentu bisa dijadikan pilihan bagi anda untuk menikmati kuliner tradisional disana.

Sekian pengenalan tentang “Rujak Soto Makanan Tradisional Dari Banyuwangi, Jawa Timur”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: