Sambal Wader Makanan Tradisional Dari Mojokerto, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan makanan tradisional yang bersejarah dan cukup terkenal di Mojokerto, Jawa Timur. Namanya adalah Sambal Wader.


Apakah Sambal Wader itu?

Sambal Wader adalah makanan tradisional yang terdiri dari ikan wader goreng dan disajikan bersama dengan sambal khusus. Ikan wader sendiri merupakan jenis ikan yang banyak hidup di sungai atau di kolam. Selain rasanya yang khas dan menggugah selera, Sambal Wader ini ternyata merupakan makanan yang cukup bersejarah karena sudah ada sejak jaman Majapahit. Sambal Wader ini merupakan makanan tradisional yang sangat terkenal di Mojokerto, Jawa Timur dan menjadi salah satu makanan khas di sana.

Asal Usul Sambal Wader

Sambal Wader ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari Desa Trowulan, kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, sambal wader ini sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit. Pada jaman dahulu masyarakat di sana menangkap ikan wader yang mereka konsumsi  dari Kolam Segaran yang berada di Desa Trowulan. Ikan wader yang mereka tangkap tersebut kemudian dimasak menjadi Sambal Wader. Karena pengolahannya yang sederhana namun memiliki rasa yang nikmat, makanan tersebut kemudian secara turun temurun menjadi suatu kebiasaan bagi masyarakat disana untuk memasak makanan satu ini. sehingga masih tetap ada hingga sekarang dan menjadi salah satu makanan khas di sana.

Pengolahan Dan Penyajian Sambal Wader

Setelah dibersihkan, ikan wader ini dibumbui dengan bumbu khusus, lalu digoreng dengan minyak dan api yang pas sehingga menghasilkan ikan wader yang gurih dan renyah. Kemudian disajikan bersama dengan sambalnya. Sambal pada makanan satu ini merupakan sambal mentah yang terbuat dari cabai, tomat, bawang merah, bawang putih dan lain – lain. Sambal mentah disini berarti bahan yang digunakan tidak digoreng terlebih dahulu seperti sambal pada umumnya, namun diulek mentah – mentah. Menu ini kemudian dihidangkan bersama dengan nasi hangat dan lalapan seperti irisan mentimun, daun kemangi dan kubis.

Cita Rasa Sambal Wader

Sambal Wader ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Ikan wader yang dimasak dengan bumbu khusus ini menghasilkan rasa yang gurih dan renyah. Selain itu yang menjadi keistimewaan dari menu satu ini adalah sambalnya yang diulek dari bahan mentah menjadikan aroma sambal yang segar dan memiliki rasa kepedasan yang asli sehingga membuat sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.

Tempat Kuliner Sambal Wader

Sambal Wader ini sangat mudah kita temukan di Kawasan Wisata Sejarah Trowulan, kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tepatnya di sekitar Kolam Segaran. Disana banyak rumah makan yang menyediakan menu satu ini. dengan harga yang relatif terjangkau, Sambal Wader ini cukup memuaskan bagi pengunjung atau wisatawan yang datang kesana. Nah, bagi anda yang berkunjung atau berwisata ke sana, tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional yang bersejarah satu ini.

Cukup sekian pengenalan tentang “Sambal Wader Makanan Tradisional Dari Mojokerto, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: