Sate Ponorogo Makanan Tradisional Dari Ponorogo, Jawa Timur

Ponorogo tidak hanya terkenal dengan keseniannya saja, namun juga makanan tradisionalnya. Salah satu makanan tradisional yang terkenal adalah Sate Ponorogo.

Apakah Sate Ponorogo itu?
Sate Ponorogo adalah makanan tradisional jenis sate ayam yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Sate ayam satu ini sedikit berbeda dengan sate ayam pada umumnya, baik dari segi bentuk, rasa dan penyajiannya. Sate Ponorogo ini merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal di Ponorogo, Jawa Timur.

Keistimewaan Sate Ponorogo

Sate Ponorogo ini sedikit berbeda dengan dengan sate ayam pada umumnya di Indonesia. Perbedaan tersebut terletak pada cara memotong daging ayamnya. Apabila sate ayam pada umumnya dipotong dadu atau dipotong kecil, maka berbeda dengan Sate Ponorogo yang dagingnya dipotong dengan cara disayat tipis dan panjang seperti fillet.

Selain itu proses membumbui satenya juga berbeda, yaitu dengan cara daging ayam yang sudah di potong kemudian direndam terlebih dahulu ke dalam bumbu selama waktu yang ditentukan. Proses perendaman ini dilakukan agar bumbunya bisa meresap ke dalam daging. Baru kemudian bisa dipanggang seperti sate pada umumnya.

Pengolahan Dan Penyajian Sate Ponorogo

Daging ayam yang digunakan untuk Sate Ponorogo ini biasanya merupakan daging ayam pilihan, sehingga menghasilkan daging yang empuk. Dalam proses pengolahannya, daging ayam dipotong dengan cara disayat tipis kemudian direndam kedalam bumbu khusus sebagai bumbu dasarnya.
Setelah bumbunya merata, kemudian ditusuk dengan tusuk sate yang sudah disiapkan dan dipanggang. Sama seperti sate pada umumnya, proses pemanggangan ini dilakukan di atas tungku menggunakan arang dan dikipas – kipas. Setelah dagingnya setengah matang, kemudian diolesi dengan bumbu khusus dan dipanggang lagi hingga matang.

Dalam penyajiannya, Sate Ponorogo ini biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat atau lontong, sate usus, kulit dan telur ayam muda. Untuk penambah rasa biasanya kita bisa menambahkan saus bumbu kacang, sambal, dan kecap sesuai dengan selera kita. 

Cita Rasa Sate Ponorogo

Sate Ponorogo ini memiliki cita rasa yang khas dan sedikit berbeda dengan sate ayam pada umumnya. Daging satenya lebih empuk karena cara pemotongannya yang disayat tipis sehingga gajih atau lemaknya pun bisa disisihkan. Selain itu rasa bumbunya sangat terasa, karena dagingnya yang direndam dulu ke dalam bumbu sehingga bisa meresap. Sate Ponorogo ini sangat pas bila dinikmati dengan bumbu kacangnya, perpaduan rasa manis, gurih dan aroma satenya tentu memberikan cita rasa tersendiri pada makanan satu ini.

Tempat Kuliner Sate Ponorogo
Sate Ponorogo ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal dan mudah ditemukan di berbagai daerah di Ponorogo, Jawa Timur. Salah satu sentra kuliner Sate Ponorogo adalah di Gang Sate, daerah Kelurahan Nologaten, Ponorogo. Di sepanjang gang tersebut banyak terdapat warung sate yang menyediakan makanan satu ini. Bagi anda yang berkunjung ke Ponorogo tentu kurang lengkap rasanya bila belum mampir menikmati makanan khas satu ini.

Sekian pengenalan tentang “Sate Ponorogo Makanan TradisionalDari Ponorogo, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: