Sego Tempong Makanan Tradisional Dari Banyuwangi, Jawa Timur

Berkunjung ke Banyuwangi tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional satu ini. Namanya adalah Sego Tempong.

Apakah Sego Tempong itu?

Sego Tempong adalah makanan tradisional berupa sajian nasi yang disajikan dengan berbagai lauk pauk, lalapan dan sambal yang khas. Makanan ini sekilas terlihat sangat sederhana, namun memiliki rasa dan kenikmatan yang sangat khas. Nasi tempong ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Asal Usul Sego Tempong 

Sego Tempong atau nasi tempong ini awalnya digunakan oleh masyarakat Banyuwangi untuk bekal mereka ke sawah. Sego Tempong biasanya disajikan dalam porsi besar, lengkap dengan lauk pauknya untuk penambah tenaga bagi para petani yang berkerja di sawah. Nama Sego Tempong sendiri diambil dari kata “tempong” yang dalam bahasa osing berarti “tampar”. Makanan ini dinamakan demikian karena memang ciri khas dari Sego Tempong ini adalah sambalnya yang pedas seakan menampar mulut kita. Karena rasanya yang khas, kini Sego Tempong tidak hanya menjadi makanan desa saja, namun telah menjadi salah satu icon kuliner di Banyuwangi. Sehingga juga dapat dinikmati oleh masyarakat kota maupun para wisatawan yang datang kesana. 

Keistimewaan Sego Tempong

Seperti yang dikatakan di atas, ciri khas dari Sego Tempong ini adalah sambalnya yang pedas. Sambal pada sajian Sego Tempong ini memiliki rasa yang berbeda dengan sambal pada umumnya, karena dibuat dengan bahan khusus sehingga memiliki rasa yang khas. Selain itu nasi tempong juga disajikan dengan berbagai lauk pauk yang bervariasi dan sangat menggugah selera.

Sajian Sego Tempong

Sego Tempong ini terdiri dari sajian nasi, lauk pauk, sambal dan sayuran sebagai lalapan. Untuk sambal yang disajikan merupakan sambal tomat pedas yang diolah dari bahan seperti cabai rawit, tomat, terasi dan lain-lain. Selain sambal tomat ada juga yang menyajikannya dengan sambal kacang, namun dengan rasa yang sangat pedas juga.

Satu porsi nasi tempong biasanya disajikan aneka lauk pauk seperti tahu, tempe, ikan asin dan perkedel jagung. Untuk sayuran juga terdapat sayur bayam rebus, terong rebus, mentimun dan daun kemangi sebagai lalapan. Selain itu ada juga menu tambahan seperti telur dadar, hati, pepes, ayam goreng dan beberapa jenis makanan laut lainnya. Dan tidak lupa juga sambal tempong yang menjadi ciri khas dari sajian Sego Tempong ini.

Cita Rasa Sego Tempong

Cita rasa dari Sego Tempong ini didominasi oleh sambal tempongnya. Sambal tempong yang disajikan biasaya masih segar atau dibuat langsung sebelum disajikan. Untuk rasa dari sambal tempong ini memiliki rasa yang sangat pedas, dengan aroma jeruk lemau yang membuat rasa sambal terasa segar. Selain itu aroma terasi dan rasa tomat juga sangat terasa, sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat khas pada makanan satu ini. Bagi anda yang menghindari rasa pedas yang berlebihan, anda tidak perlu khawatir karena sambal tempong dibuat langsung sebelum disajikan sehingga anda bisa memilih sendiri tingkat kepedasan yang anda inginkan.

Tempat Kuliner Sego Tempong

Sego Tempong merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Banyuwangi, Jawa Timur. Di sana Sego Tempong ini sangat mudah ditemukan, karena banyak sekali warung makan yang menyediakan makanan satu ini. untuk harga satu porsi Sego Tempong relatif murah dan terjangkau, namun biasanya tergantung lauk yang anda pilih. 

Sekian pengenalan tentang “Sego Tempong Makanan Tradisional Dari Banyuwangi, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: