Tahu Campur Makanan Tradisional Dari Lamongan, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Lamongan yang cukup terkenal. Namanya adalah Tahu Campur.

Apakah Tahu Campur itu?

Tahu Campur adalah makanan tradisional yang di dalamnya terdiri dari sayuran, tahu, daging sapi, mie dan lain – lain. Makanan ini disajikan dengan kuah yang dicampur dengan petis udang. Tahu Campur ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Jawa Timur, salah satunya adalah Lamongan sebagai daerah asal Tahu Campur ini.

Keistimewaan Tahu Campur

Tahu Campur ini memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya berbeda dengan makanan tradisional lainnya. Salah satunya adalah perkedel  singkong yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu khusus kemudian di goreng. Selain rasanya yang khas, juga membuat keunikan tersendiri pada Tahu Campur ini. Keunikan lain dari Tahu Campur ini adalah perpaduan kuah yang dicampur dengan petis udang tentu memberikan rasa dan aroma yang sangat khas.

Pengolahan Dan Penyajian Tahu Campur

Tahu Campur ini terbuat dari bahan seperti tahu goreng, perkedel singkong, daging sapi, mie, taoge panjang dan selada kriting yang disiram dengan kuah khas yang dicampur dengan petis. Kuah dari Tahu Campur ini sangat khas karena terbuat dari kaldu daging dan bumbu khas sehingga aroma dan rasa daging sapinya sanga terasa. Selain itu mie yang digunakan biasanya adalah mie kuning atau ada juga yang menggunakan mie bihun.

Dalam penyajiannya petis dicampur dengan sedikit kuah sehingga dapat merata dan rasanya menyatu. Kemudian masukan bahan – bahan seperti perkendel, mie, taoge, selada dan daging yang sudah dipotong –potong. Kemudian disiram lagi dengan kuah dan ditambahkan kerupuk di atasnya. Untuk penambah rasa pada Tahu Campur ini kita bisa juga menambahkan sambal. Namun akan lebih enak bila menambahkan sambalnya saat mencampur petis tadi, agar rasanya bisa lebih menyatu.

Cita Rasa Tahu Campur

Tahu Campur ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Salah satu kenikmatan dari Tahu Campur ini terletak pada perpaduan kuah dan petisnya yang menghasilkan rasa yang khas dan lezat. Penggunaan petisnya pun tidak terlalu berlebihan sehingga rasa kuahnya terasa pas di lidah saat kita menikmatinya. Tekstur daging sapinya juga terasa kenyal dan empuk sehingga memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya. Selain daging sapi biasanya ada juga penjual yang menambahkan kikil, tetelan dan bagian lainnya sebagai variasi rasa.

Yang tidak kalah menarik adalah perkedel singkongnya yang gurih dan cukup membuat kita kenyang karena  terbuat dari singkong. Sehingga walaupun tidak menggunakan nasi  atau lontong, tapi cukup untuk mengisi perut kita. Namun bila anda merasa kurang puas bisa juga di tambahkan lontong sebagai pelengkapnya.

Tampat Kuliner Tahu Campur

Tahu Campur ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Lamongan, Jawa Timur. Disana cukup banyak warung atau penjual keliling yang menjajakan Tahu Campur ini. Dengan harga yang relatif murah anda sudah bisa menikmati satu porsi Tahu Campur ini. Bagi anda yang berkunjung ke Lamongan, Tahu Campur ini tentu bisa dijadikan sebagai pilihan bagi anda saat berwisata kuliner di sana.

Sekian pengenalan tentang “Tahu Campur Makanan Tradisional Dari Lamongan, Jawa Timur”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: