Tahu Tek Makanan Tradisional Dari Surabaya, Jawa Timur

Makanan tradisional satu ini merupakan salah satu olahan tahu dan lontong khas dari Surabaya. Namanya adalah Tahu Tek


Apakah Tahu Tek itu?

Tahu Tek adalah makanan tradisional yang di dalamnya terdapat tahu goreng dan lontong yang dipotong kecil lalu disiram saus bumbu di atasnya. Selain tahu dan lontongnya, keistimewaan dari Tahu Tek ini juga terletak pada saus petis yang dibuat dengan bumbu khusus, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Tahu Tek merupakan salah satu makanan khas dari Surabaya yang cukup terkenal. Karena rasanya yang khas, makanan ini tidak hanya diminati oleh masyarakat Surabaya saja, namun juga wisatawan yang berkunjung ke sana.

Asal Mula Tahu Tek

Tahu Tek ini merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Pada awalnya Tahu Tek ini di jajakan oleh para penjual secara berkeliling dengan menggunakan gerobak. Konon katanya, makanan ini dinamakan Tahu Tek karena gunting yang digunakan untuk memotong bahan seperti tahu lontong, kentang dan telur ini selalu berbunyi “tek..tek..tek”. Sehingga banyak yang menyebutnya dengan Tahu Tek.

Pembuatan Dan Penyajian Tahu Tek

Proses pembuatan Tahu Tek ini terlihat cukup sederhana. Tahu Tek terbuat dari bahan seperti lontong, tahu goreng, kentang goreng, taoge dan irisan timun. Bahan – bahan tersebut kemudian dipotong kecil dengan menggunakan gunting khusus dan alat garpu untuk memegangnya. Setelah bahan tersebut dipotong kemudian siap untuk disajikan. 

Pada penyajiannya bahan yang sudah disiapkan disusun ke dalam piring kemudian disiram dengan saus petis. Saus petis ini terbuat dari bahan seperti petis, kacang goreng, air, cabai dan bawang putih. Bahan tersebut kemudian diulek dengan menggunakan cobek yang terbuat dari batu sampai bumbunya mengental. Petis yang di gunakan untuk membuat saus ini biasanya diambil dari Sidoarjo, karena disana merupakan daerah asal dari petis sehingga dirasa lebih enak dan asli. 

Setelah bahan Tahu Tek disiram dengan saus petis kemudian diatasnya ditaburi bawang goreng, irisan seledri dan kerupuk udang. Untuk penyajian Tahu Tek ini biasanya dibedakan menjadi dua macam yaitu Lontong Tahu atau Tahu Telur. Untuk lontong tahu biasanya seperti yang disebutkan di atas. Sedangkan tahu telur biasanya ditambahkan telur goreng diatasnya. Walaupun sebenarnya hampir sama namun memiliki rasa yang sedikit berbeda.

Cita Rasa Tahu Tek

Tahu Tek ini memiliki rasa yang unik dan khas. Rasa dari saus yang terbuat dari petis ini memberikan cita rasa dan aroma yang khas. Rasa kacang pada sausnya juga sangat terasa, karena pada dasarnya kacang pada saus ini tidak diulek sampai lembut sehingga memberikan sensasi tersendiri di lidah kita. Selain rasanya yang nikmat Tahu Tek ini juga sangat mengenyangkan karena menggunakan lontong dengan porsi yang lebih banyak dibandingkan bahan lainnya. Sehingga cocok untuk dijadikan menu makan siang saat kita berada di Surabaya.

Perkembangan Tahu Tek

Walaupun tidak sepopuler menu makanan tradisional lainnya di Surabaya, namun masih banyak penikmat makanan satu ini, baik masyarakat local ataupun pencinta kuliner tradisional dari luar daerah. Tahu Tek sangat mudah kita temukan di Surabaya, disana banyak warung – warung pinggir jalan yang menyediakan menu satu ini. Tentunya setiap warung memiliki ciri khas tersendiri dalam menyajikan Tahu Tek ini, sehingga kita harus menyesuaikan dengan lidah kita masing – masing. Nah, bagi anda yang berkunjung ke Surabaya, Tahu Tek ini sangat pas untuk dijadikan pilihan bagi anda yang ingin menikmati makanan tradisional di sana.

Cukup sekian pengenalan tentang “Tahu Tek Makanan Tradisional Dari Surabaya, Jawa Timur”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: