Bakso Bakwan Makanan Khas dari Malang, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan sajian makanan bakso yang sangat khas dari Malang, Jawa Timur. Namanya adalah Bakso Bakwan.

Apakah Bakso Bakwan itu?

Bakso Bakwan adalah makanan tradisional sejenis olahan bakso yang khas dari Malang, Jawa Timur. Bakso satu ini berbeda dengan bakso pada umumnya, baik dari rasa kuah hingga isiannya lebih komplit sehingga memiliki ciri khas tersendiri. Bakso Bakwan ini merupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal di Malang, Jawa Timur. Selain di Malang, makanan ini juga sudah tersebar di daerah lain indonesia dan sering dijajakan oleh para penjual keliling dengan sebutan Bakso Malang atau Bakwan Malang.

Keistimewaan Bakso Bakwan

Bila dibandingkan dengan makanan bakso lainnya, Bakso Bakwan ini memiliki isian yang berbeda. Bakso Bakwan ini biasanya disajikan tanpa mie, namun masih terasa komplit dengan isian lainnya seperti bakso halus, bakso urat, bakso goreng, bakwan rebus, pangsit, dan tahu rebus. Selain itu Bakso Bakwan ini, kuahnya menggunakan kaldu sapi asli sehingga terasa lebih gurih, segar dan sangat menggugah selera.

Pengolahan Dan Penyajian Bakso Bakwan

Untuk pengolahan bakso halus, bakso urat, pangsit dan tahu rebus biasanya diolah seperti pada umumnya, namun yang berbeda adalah bakso goreng dan bakwan rebusnya. Bakso goreng ini diolah dari bakso yang dibungkus adonan atau pangsit, kemudian di goreng kering. Sedangkan bakwan rebusnya terbuat dari campuran daging yang dibungkus pangsit kemudian direbus. Kemudian kuah Bakso Bakwan ini terbuat dari kaldu sapi dan bumbu khusus sehingga aromanya sangat menggugah selera.

Penyajian Bakso Bakwan ini cukup sederhana. Pertama, isian tadi ditaruh di dalam mangkuk dan tambahkan bawang goreng serta irisan daun bawang kemudian disiram dengan kuah. Untuk bakso goreng biasanya dipotong-potong dulu, sehingga mudah untuk menyantapnya. Isi Bakso Bakwan ini biasanya disajikan sesuai dengan permintaan pembeli.

Cita Rasa Bakso Bakwan

Bakso Bakwan ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Selain isiannya yang komplit, kuah Bakso Bakwan ini memiliki rasa yang sedap dengan didominasi rasa gurih kaldu dan aromanya yang sangat khas. Kemudian perpaduan isian bakso kering dan basah tentu memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.

Tempat Kuliner Bakso Bakwan

Bakso Bakwan ini merupakan makanan khas yang cukup terkenal di Malang, Jawa Timur. Di sana sangat mudah ditemukan, biasanya makanan ini dijajakan oleh para penjual keliling maupun warung bakso di pinggir jalan. Selain di Malang, Jawa Timur, Bakso Bakwan ini juga sudah tersebar di beberapa daerah di indonesia, sehingga kita tidak perlu pergi jauh ke Malang untuk menikmati makanan satu ini. Namun apabila anda berkujung ke Malang, tentu kurang lengkap bila belum menikmati cita rasa asli dari Bakso Bakwan ini.

Sekian pengenalan tentang “Bakso Bakwan Makanan Khas dari Malang, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang aneka kuliner yang ada di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: