Jenang Apel Makanan Khas Dari Malang, Jawa Timur

Berkunjung ke Kota Batu, Malang, tentu kurang lengkap rasanya bila belum membawa pulang makanan khas satu ini. Namanya adalah Jenang Apel.

Apakah Jenang Apel itu?

Jenang Apel adalah makanan jenis jenang terbuat dari serat apel yang khas dari Malang, Jawa Timur. Selain bahannya yang berbeda dengan jenang pada umumnya, Jenang Apel ini juga memiliki rasa dan tekstur yang sangat khas. Jenang Apel ini merupakan makanan khas dari Kota Batu, Malang, Jawa Timur, yang sangat terkenal. Selain enak untuk dijadikan sebagai cemilan, makanan ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang ke sana.

Keistimewaan Jenang Apel

Jenang Apel ini berbeda dengan makanan jenis jenang pada umumnya. Karena terbuat dari bahan dasar serat apel sehingga menghasilkan rasa manis yang khas. Selain itu Jenang Apel ini juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga menimbulkan sensasi tersendiri saat memakannya. Jenang Apel ini selain memiliki rasa yang enak juga sehat untuk dikonsumsi, karena terbuat dari serat buah apel alami sehingga kandungan gizi pada buahnya juga terdapat di dalamnya.

Pengolahan Jenang Apel

Proses pembuatan Jenang Apel ini tergolong sangat sederhana. Pertama buah apel dicuci bersih dan dikupas kulitnya. Setelah itu buah tersebut dihaluskan hingga menjadi seperti bubur. Lalu ditambahkan sedikit gula pasir sebagai penambah rasa manis dan dicampur hingga merata. Kemudian dimasak sambil diaduk aduk hingga matang. Untuk kulit apel ini biasanya juga disertakan dalam adonan tersebut, sehingga mempengaruhi rasa, warna, dan gizi yang terdapat di dalamnya.

Cita Rasa Jenang Apel

Jenang Apel ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan berbeda dengan jenang pada umumnya. Rasa Jenang Apel ini didominasi oleh rasa manis dan sedikit asam dengan aroma apel yang sangat terasa sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Jenang Apel ini biasanya dibuat dengan dua rasa, yaitu Apel Rome Beauty dan Apel Manalagi. Kedua rasa apel tersebut memiliki rasa yang berbeda dengan ciri khasnya masing-masing. Untuk rasa Apel Rome Beauty cenderung asam dan agak manis, sedangkan Apel Manalagi memiliki rasa yang cendering manis dan aromanya sangat kuat.

Tempat Kuliner Jenang Apel

Jenang Apel ini merupakan makanan khas yang sangat terkenal di Malang, Jawa Timur. Salah satu sentra pembuatan Jenang Apel ini adalah di daerah Kota Batu, Malang. Di sana selain terkenal dengan budidaya buah apelnya, juga banyak industri rumahan memproduksi makanan satu ini. Jenang Apel ini selain enak dijadikan sebagai cemilan, juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

Sekian pengenalan tentang “Jenang Apel Makanan Khas Dari Malang, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang aneka kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: