Keripik Tempe Makanan Khas dari Ngawi, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan jenis olahan keripik yang sangat khas dari Ngawi, Jawa Timur. Namanya adalah Keripik Tempe.

Apakah Keripik Tempe itu?

Keripik Tempe adalah makanan tradisional sejenis keripik yang terbuat dari tempe. Berbeda dengan jenis keripik pada umumnya yang banyak dibuat dari singkong atau kentang, Keripik Tempe dibuat dari bahan dasar tempe kedelai sehingga memiliki cita rasa yang sangat khas. Keripik Tempe merupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal Indonesia, salah satunya adalah daerah Ngawi, Jawa Timur yang menjadikan Keripik Tempe ini sebagai makanan khas di sana.

Keistimewaan Keripik Tempe

Keripik Tempe ini memiliki bentuk yang sangat tipis, sehingga menghasilkan tekstur yang empuk dan sangat renyah. Selain itu, karena bahan dasarnya adalah tempe makan menghasilkan rasa gurih yang sangat khas. Di Indonesia sendiri, Keripik Tempe ini biasanya diolah dengan berbagai rasa maupun bentuk yang berbeda-beda, sehingga setiap daerah bisa memiliki ciri khasnya masing-masing .
Pengolahan Keripik Tempe

Proses pengolahan Keripik Tempe ini hampir sama dengan tempe goreng biasa, hanya saja proses pemotongannya sedikit berbeda. Pertama Keripik Tempe di potong-potong dengan alat kusus sehingga tidak mudah hancur. Setelah itu irisan tempe tersebut dicelup kedalam adonan bumbu agar terasa gurihnya. Kemudian digoreng kering dengan minyak sedang sehingga bisa dapat mengembang dan tidak mudah gosong. Keripik Tempe ini biasanya dikemas dengan plastik rapat sehingga rasa renyahnya bisa tahan lama.

Cita Rasa Keripik Tempe

Di Indonesia sendiri Keripik Tempe biasanya diolah dengan bentuk dan rasa yang bervariasi. Namun untuk Keripik Tempe di daerah Ngawi biasanya memiliki bentuk kotak dan sangat tipis sehingga terasa renyah. Selain itu adonan tepungnya lebih sedikit sehingga rasa gurih tempenya sangat terasa.

Tempat Kuliner Keripik Tempe

Keripik Tempe ini merupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal di derah Ngawi, Jawa Timur. Selain dikonsumsi sebagai cemilan, Keripik Tempe ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Salah satu sentra industri Keripik Tempe di Ngawi adalah di Desa Sadang, Prandon, Ngawi, Jawa Timur. Di sana banyak terdapat industri rumahan yang memproduksi makanan khas satu ini. Selain itu Keripik Tempe ini juga sangat mudah ditemukan pusat oleh-oleh yang ada di daerah Ngawi.

Sekian pengenalan tentang “Keripik Tempe Makanan Khas dari Ngawi, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang aneka kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: