Kue Bagiak Oleh-Oleh Khas Dari Banyuwangi, Jawa Timur

Berkunjung ke Banyuwangi tentu kurang lengkap bila belum membawa pulang makanan khas satu ini. Namanya adalah Kue Bagiak.

Apakah Kue Bagiak itu?

Kue Bagiak adalah makanan sejenis kue kering yang berbentuk lonjong yang khas dari Banyuwangi, Jawa Timur. Makanan ini terbuat dari bahan adonan yang sederhana, namun memiliki rasa yang unik dan berbeda dengan kue kering lainnya. Kue Bagiak ini merupakan salah satu makanan jenis kue yang cukup terkenal di Banyuwangi, dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Keistimewaan Kue Bagiak

Kue Bagiak ini merupakan jenis kue kering yang berbentuk lonjong dan memiliki ukuran sepanjang jari telunjuk orang dewasa. Selain itu makanan satu ini memiliki tekstur yang agak keras saat digigit dan terasa lembut di mulut saat kita menyantapnya. Kue Bagiak ini biasanya di sediakan dalam berbagai varian rasa, namun juga memiliki rasa asli yang khas dan berbeda dengan kue lainnya.

Pengolahan Kue Bagiak

Kue Bagiak ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung kanji, susu, garam, pelepah, telur dan bahan perasa. Bahan tersebut kemudian dicampur sesuai takaran dan dijadikan adonan. Setelah menjadi adonan, lalu dicetak sesuai dengan keinginan. Pada umumnya, Kue Bagiak ini dibentuk lonjong dan memiliki ukuran sepanjang jari. Adonan yang sudah dibentuk itu kemudian dikeringkan menggunakan oven. Setelah kue mengering kemudian dibungkus atau dikemas.

Cita Rasa Kue Bagiak

Kue Bagiak ini biasanya dibuat dalam berbagai varian rasa seperti rasa kayu manis, rasa susu, rasa kacang, rasa jahe dan varian rasa lainnya. Walaupun dikemas dalam varian rasa, Kue Bagiak ini memiliki rasa khas yang sangat mendominasi yaitu manis, asin dan gurih yang berpadu dengan sempurna. Selain itu teksturnya yang kering dan terasa lembut saat di mulut tentu memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.

Tempat Kuliner Kue Bagiak

Kue Bagiak ini merupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal di Banyuwangi, Jawa Timur. makanan ini bisa kita temukan di berbagai toko oleh-oleh yang ada di sana, lengkap dengan varian rasa yang disediakan sehingga kita bisa memilih sesuai selera kita. Selain dijadikan oleh-oleh, makanan ini juga sangat cocok dijadikan cemilan saat berkumpul bersama keluarga.

Sekian pengenalan tentang “Kue Bagiak Oleh-Oleh Khas Dari Banyuwangi,Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: