Pecel Pitik Makanan Tradisional Dari Banyuwangi, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sering disajikan pada acara adat suku osing di Banyuwangi, Jawa Timur. Namanya adalah Pecel Pitik.

Apakah Pecel Pitik itu?

Pecel Pitik adalah salah satu makanan tradisional yang terbuat bahan dasar daging ayam dan dimasak secara khusus dengan bumbu yang khas. Pecel Pitik ini merupakan salah satu makanan tradisional suku osing yang cukup terkenal di Banyuwangi, Jawa Timur. Walaupun merupakan makanan tradisional yang terkenal, Pecel Pitik ini sedikit sulit untuk ditemukan karena Pecel Pitik ini hanya disajikan pada acara tertentu saja.

Asal Usul Pecel Pitik

Pecel Pitik merupakan salah satu makanan tradisional masyarakat suku osing di Banyuwangi, Jawa Timur. Bagi masyarakat suku osing di sana, Pecel Pitik ini merupakan makanan yang dianggap sakral karena hanya disajikan pada acara-acara adat tertentu seperti hajatan, selamatan, dan bersih desa. Untuk membuatnya pun dilakukan dengan cara khusus dan ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar saat memasaknya. Makanan ini telah diwariskan secara turun-temurun dan menjadi salah satu menu special bagi masyarakat osing di sana.

Keistimewaan Pecel Pitik

Selain sifatnya yang sakral, makanan ini juga merupakan makanan yang sangat unik karena dalam penyajiannya terdapat campuran parutan kelapa, bumbu kacang dan bumbu pedas sehingga menghasilkan rasa yang sangat khas. Selain itu daging ayam yang digunakan merupakan daging ayam yang masih muda, sehingga memiliki tekstur daging yang lebih empuk.

Pengolahan Dan Penyajian Pecel Pitik

Pecel Pitik ini terbuat dari bahan dasar daging ayam muda yang masih berumur sekitar 7-8 bulan. Daging ayam muda ini dipilih karena dagingnya yang masih lembut dan empuk. Dalam proses pengolahannya, daging ayam dibersihkan terlebih dahulu lalu dipanggang secara utuh. Pemanggangan daging ayam ini biasanya dilakukan secara tradisional dengan menggunakan tungku dan kayu bakar. Setelah daging ayamnya matang secara merata kemudian dipotong – potong menggunakan tangan.

Potongan daging tersebut kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda dan bumbu khusus. Untuk menambah rasa biasanya di tambahkan juga air kelapa kedalam masakannya. Pecel Pitik ini biasanya disajikan bersama dengan nasi tumpeng, sambal dan beberapa sayuran rebus. Untuk acara adat, Pecel Pitik ini biasanya dimakan secara bersama-sama. Sebelum disantap, makanan ini didoakan terlebih dahulu sabagai bagian dari ritual.

Cita Rasa Pecel Pitik

Pecel Pitik ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan masakan lainnya. Perpaduan rasa gurih ayam, rasa parutan kelapa dan aroma air kelapa tentu memberikan rasa yang sangat khas pada makanan ini. Selain itu, tekstur dagingnya yang lembut dan empuk menambah kelezatan pada masakan Pecel Pitik ini.

Tempat Kuliner Pecel Pitik

Pecel Pitik ini merupakan salah satu makanan tradisional masyarakat suku osing yang cukup terkenal di Banyuwangi, Jawa Timur. Walaupun sangat terkenal, untuk menemukan makanan ini tidak mudah karena hanya disajikan pada acara adat tertentu saja. Salah satu daerah yang masih sering menyajikan makanan ini pada acara adat mereka adalah Desa Kemiren, yaitu salah satu desa di daerah Banyuwangi, Jawa Timur.

Sekian pengenalan tentang “Pecel Pitik Makanan Tradisional Dari Banyuwangi, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: