Pecel Rawon Makanan Tradisional Dari Banyuwangi, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan hasil perpaduan antara pecel dan rawon yang khas dari Banyuwangi, Jawa Timur. Namanya adalah Pecel Rawon.

Apakah Pecel Rawon itu?

Pecel Rawon adalah makanan tradisional perpaduan antara masakan rawon dan pecel yang khas dari Banyuwangi, Jawa Timur. Perpaduan dua masakan tersebut menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda. Pecel Rawon ini merupakan makanan tradisional yang cukup terkenal di Banyuwangi dan menjadi salah satu makanan khas andalan disana.

Keistimewaan Pecel Rawon

Pecel Rawon ini memiliki perpaduan rasa yang sangat unik. Rawon dengan kuahnya yang memiliki rasa kuat dan menyegarkan di padukan dengan rasa bumbu pecel yang gurih dan pedas memberikan cita rasa yang sangat khas pada Pecel Rawon ini. Untuk rawon yang digunakan biasanya hanya berupa kuahnya saja atau tanpa daging. Namun ada juga sebagian penjual yang menyediakan daging rawon sebagai pelengkap sesuai dengan permintaan pembeli.

Pengolahan Dan Penyajian Pecel Rawon

Cara pembuatan Pecel Rawon ini cukup sederhana, untuk pengolahan kuah rawon dan menu pecelnya hampir sama dengan rawon dan pecel pada umumnya. Untuk pengolahan Pecel Rawon sendiri, pertama disiapkan terlebih dahulu bahan sayuran rebus seperti bayam, taoge dan kacang panjang. Kemudian sayuran tersebut dicampur dengan bumbu pecel. Lalu disiram dengan kuah rawon dan ditaburi bawang goreng secukupnya. Pecel Rawon ini biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat, sambal, tahu, tempe dan rempeyek kacang. Selain itu juga bisa juga ditambahkan menu pelengkap seperti empal, ragi, udang goreng, paru dan lain-lain.

Cita Rasa Pecel Rawon

Pecel Rawon ini memiliki cita rasa yang sangat khas dengan campuran kuah rawon dan sambal pecel menghasilkan perpaduan rasa yang nikmat dan pas sehingga tidak terasa eneg. Pecel Rawon ini sangat nikmat bila disantap dengan nasi dan lauknya yang masih hangat. Perpaduan rasa dari aneka bahan yang ada disajian Pecel Rawon ini tentu memberikan pengalaman baru dan menarik bagi anda saat menikmati sajian makanan khas satu ini.

Tempat Kuliner Pecel Rawon

Pecel Rawon ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Banyuwangi, Jawa Timur. Di sana menu Pecel Rawon ini sangat mudah ditemukan, karena bayaknya penjual yang menjajakan makanan satu ini mulai dari pedagang kaki lima, warung makan, bahkan restoran. Untuk harga satu porsi Pecel Rawon ini relatif murah sehingga kita tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk menikmati hidangan satu ini.

Sekian pengenalan tentang “Pecel Rawon Makanan Tradisional Dari Banyuwangi, Jawa Timur”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: