Suwar Suwir Makanan Khas Dari Jember, Jawa Timur

Makanan khas Jember satu ini hampir mirip dengan Dodol, namun terbuat dari bahan dasar tape. Namanya adalah Suwar Suwir.

Apakah Suwar Suwir itu?

Suwar Suwir adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tape. Suwar Suwir ini memiliki bentuk persegi panjang kecil dengan tampilan yang berwarna-warni. Sekilas makanan ini hampir mirip dengan Dodol, namun memiliki rasa dan tekstur yang sedikit berbeda. Suwar Suwir ini merupakan salah satu makanan khas dari Jember, Jawa Timur. Selain itu makanan ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Keistimewaan Suwar Suwir

Suwar Suwir ini memang sekilas hampir mirip dengan Dodol, namun rasa dan teksturnya sedikit berbeda. Suwar Suwir ini memiliki rasa lebih manis, legit dan sedikit asam, karena terbuat dari bahan dasar tape (fermentasi dari singkong). Untuk teksturnya terasa lebih padat namun bila digigit terasa empuk dan terasa lembut di lidah. Suwar Suwir ini biasanya dibuat dengan berbagai rasa, namun tidak meninggalkan cita rasa aslinya.

Pengolahan Suwar Suwir

Proses pengolahan Suwar Suwir ini juga hampir sama dengan Dodol maupun Jenang. Pertama tape dicampur dengan gula dan diaduk menggunakan mesin pencampur hingga menjadi adonan halus. Kemudian adonan tersebut dimasak menggunakan wajan besar dan diaduk. Lalu diberi perasa tambahan dan diaduk kembali hingga rata dan mengental. Setelah  adonan mengental kemudian didinginkan di atas loyang dan diberi sedikit pewarna makanan. Apabila adonan sudah menjadi Suwar Suwir kemudian dilepas dari loyang dan dipotong-potong kecil. Pada proses terakhir, Suwar Suwir dikemas dengan menggunakan kertas minyak dan dibungkus  dengan plastik.

Cita Rasa Suwar Suwir

Makanan ini didominasi oleh rasa manis, legit dan sedikit asam. Selain itu rasa asli tape juga sangat terasa sehingga memberikan cita rasa yang sangat khas. Untuk teksturnya terlihat padat, bila digigit terasa lembut dan lumer di lidah. Suwar Suwir ini juga dibuat dengan rasa yang bervariasi seperti rasa sirsak, stroberi, pandan, coklat dan lain-lain.

Tempat Kuliner Suwar Suwir

Bagi anda yang berkunjung ke Kota Jember, tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati dan membawa pulang makanan khas satu ini. Suwar Suwir ini merupakan salah satu makanan khas Jember yang cukup terkenal. Di Jember sendiri banyak terdapat industri rumahan yang memproduksi makanan ini. Suwar Suwir ini biasanya banyak dijual di warung-warung maupun toko oleh-oleh yang ada di kota Jember.

Sekian pengenalan tentang “Suwar Suwir Makanan Khas Dari Jember, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang aneka ragam kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: