Tepo Tahu Makanan Tradisional Dari Ngawi, Jawa Timur

Makanan satu ini sekilas hampir mirip dengan kupat tahu, namun memiliki rasa dan bahan yang sedikit berbeda. Namanya adalah Tepo Tahu.

Apakah Tepo Tahu itu?

Tepo Tahu adalah makanan tradisional yang terdiri dari bahan dasar tepo, tahu dan aneka bahan tambahan lainnya. Makanan ini sekilas terlihat hampir mirip dengan lontong tahu atau kupat tahu, namun memiliki penyajian dan rasa yang sangat khas. Tahu tepo ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Ngawi, Jawa Timur.

Keistimewaan Tepo Tahu

Salah satu ciri khas dari Tepo Tahu ini adalah penggunaan tepo dan tahu telur pada bahan dasarnya. Tepo ini merupakan makanan seperti lontong, hanya saja bentuknya beda dan teksturnya lebih lembut. Sedangkan tahu telurnya terbuat dari tahu yang dicampur dengan telur dan digoreng. Selain itu kuah Tepo Tahu ini cukup unik dan sederhana, karena hanya menggunakan kecap, air asam jawa dan bumbu halus lainnya. Walaupun terbilang sederhana, kuah Tepo Tahu ini memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga dapat menggugah selera kita.

Pengolahan Dan Penyajian Tepo Tahu

Tepo Tahu ini terdiri dari tepo, tahu telur, taoge, kacang goreng dan disiram dengan kuahnya yang khas. Untuk membuat tahu telur ini, pertama tahu direndam dengan air garam kemudian dicampur dengan kocokan telur setelah itu digoreng. Sedangkan untuk kuah Tepo Tahu sendiri terbuat dari bahan seperti bawang putih, cabe rawit, gula merah, air asam, garam dan kecap manis. Pertama, bawang putih, cabe dan gula merah dihaluskan. Kemudian di campur air jawa dan air panas, lalu diaduk hingga rata. Setelah itu ditambahkan kecap manis dan garam hingga rasanya pas.

Pada penyajiannya tepo dan tahu dipotong-potong dan ditata didalam piring. Setelah itu ditambahkan bahan seperti irisan kol, tauge, irisan seledri, bawang goreng dan kacang goreng. Setelah itu disiram dengan kuah. Tepo Tahu ini biasanya disajikan dengan kerupuk kecil atau remukan kerupuk.

Cita Rasa Tepo Tahu

Tepo Tahu ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Perpaduan rasa manis, asam dan pedas pada kuah Tepo Tahu ini terasa sangat khas dan berbeda dengan olahan lontong dan tahu lainnya. Selain itu tektur teponya yang lembut dipadukan dengan tahu telurnya yang gurih tentu memberikan sesasi tersendiri saat kita menyantapnya.

Tempat Kuliner Tepo Tahu

Tepo Tahu ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Ngawi, Jawa Timur. Di sana makanan ini bisa kita temukan di warung- warung pinggir jalan yang menjajakan Tepo Tahu ini. Selain di daerah Ngawi, Tepo Tahu ini juga bisa kita temukan di daerah lain, salah satunya di Magetan, Jawa Timur. Letak daerahnya yang berdekatan membuat Tepo Tahu ini bisa sampai ke sana.

Sekian pengenalan tentang “Tepo Tahu Makanan Tradisional Dari Ngawi, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang aneka kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: