Tari Balumpa Tarian Tradisional Dari Sulawesi Tenggara

Tarian tradisional satu ini merupakan tarian penyambutan yang khas dari Sulawesi Tenggara. Namanya adalah Tari Balumpa.

Apakah Tari Balumpa itu?

Tari Balumpa adalah tarian tradisional yang berasal dari daerah Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Tarian ini termasuk tarian pergaulan yang ditampilkan oleh penari wanita untuk menyambut para tamu terhormat yang datang ke sana. Tari Balumpa ini merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Sulawesi Tenggara, khususnya daerah Wakatobi. Tarian ini sering ditampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu penting, pertunjukan seni, dan festival budaya.

Asal Mula Tari Balumpa

Tari Balumpa merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Wakatobi, Sulawesi Tenggara, khususnya daerah Binongko dan Buton. Konon tarian ini menceritakan tentang sekelompok para gadis yang sedang berdendang diiringi lagu daerah dan musik gambus. Dengan penuh keceriaan mereka berdendang dan menari dengan hati gembira dan tulus. Tari Balumpa ini biasanya ditampilkan untuk menyambut para tamu terhormat yang datang ke daerah ke sana.

Makna Tari Balumpa

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Tari Balumpa ini biasanya ditampilkan sebagai tarian penyambutan para tamu terhormat yang datang ke sana. Mereka menyambut tamu tersebut dengan penuh keceriaan yang terlihat dari ekspresi para penari. Bagi masyarakat di sana, tarian ini dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan dalam menyambut tamu yang mereka hormati.

Pertunjukan Tari Balumpa

Tarian balumpa ini biasanya ditampilkan oleh para penari wanita saja. Namun di beberapa pertunjukan ada juga yang menampilkan penari pria dan wanita sebagai variasi. Jumlah penari Tari Balumpa ini biasanya terdiri dari 6-8 orang penari, namun hal tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan setiap kelompok tari.

Dalam pertunjukannya mereka menari dengan gerakannya yang khas dan diiringi oleh alunan musik pengiring. Gerakan dalam Tari Balumpa ini biasanya didominasi oleh gerakan tangan serta  gerakan tubuh yang melenggak-lenggok dan gerakan kaki yang diayun ke depan. Gerakan tarian tersebut juga dipadukan dengan ekspresi wajah yang ceria sehingga membuat tarian ini terlihat semakin indah.

Pengiring Tari Balumpa

Dalam pertunjukan Tari Balumpa biasanya diringi oleh musik tradisional gambus dan pengiring vokal. Lagu yang dibawakan untuk mengiringi tarian ini, biasanya merupakan lagu daerah yang bertema keceriaan dan penyambutan. Alunan suara vokal dan musik pengiring tersebut kemudian dipadukan dengan gerakan tari, sehingga terlihat selaras dan menghasilkan pertunjukan tari yang indah.

Kostum Tari Balumpa

Kostum yang digunakan para penari dalam pertunjukan Tari Balumpa biasanya merupakan busana adat. Para penari biasanya menggunakan baju berlengan pendek dan kain panjang khas Sulawesi Tenggara. Selain itu penari juga dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti, anting, kalung, gelang dan hiasan kepala yang khas, dan tidak lupa kain selendang yang digunakan untuk menari.

Perkembangan Tari Balumpa

Dalam perkembangannya, Tari Balumpa masih terus dilestarikan dan dikembangkan di sana. Berbagai kreasi dan variasi juga sering ditambahkan dalam setiap pertunjukannya, baik dari segi gerak, kostum, pengiring, dan penari agar terlihat menarik. Tari Balumpa kini tidak hanya ditampilkan untuk penyambutan tamu terhormat saja, namun juga sering ditampilkan di berbagai acara seperti pertunjukan seni, festival budaya, bahkan promosi pariwisata. Hal ini dilakukan sebagai bentuk usaha dalam melestarikan dan memperkenalkan kepada generasi muda serta masyarakat luas akan budaya yang mereka miliki.

Sekian pengenalan tentang “Tari Balumpa Tarian Tradisional Dari Sulawesi Tenggara”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kesenian tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI INDONESIA! 

Related Posts: