Ayam Tangkap Makanan Tradisional dari Aceh

Makanan satu ini merupakan jenis masakan ayam goreng yang khas dari daerah Aceh. Namanya adalah Ayam Tangkap.

Apakah Ayam Tangkap itu?

Ayam Tangkap adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari daerah Aceh. Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar daging ayam, yang dimasak serta digoreng dengan bumbu khusus dan disajikan bersama dengan daun-daunan yang renyah. Secara penampilan, Ayam Tangkap ini cukup unik dan berbeda dengan sajian ayam goreng lainnya. Namun dalam segi rasa, Ayam Tangkap juga memiliki cita rasa yang khas, sehingga menjadi salah satu makanan favorit bagi masyarakat Aceh maupun para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Asal Usul Ayam Tangkap

Asal usul Ayam Tangkap ini masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun menurut beberapa sumber, Ayam Tangkap ini merupakan jenis makanan yang sudah ada sejak dahulu. Konon nama Ayam Tangkap ini diambil dari kebiasaan masyarakat Aceh saat memasak daging ayam. Sebelum memasaknya, mereka harus menangkap ayam tersebut terlebih dahulu di pekarangan mereka. Sehingga banyak yang menyebutnya Ayam Tangkap.

Keunikan Dan Keistimewaan Ayam Tangkap

Keunikan Ayam Tangkap ini sangat terlihat dari segi penyajiannya. Dalam penyajiannya, ayam goreng tersebut disajikan dengan daun-daunan seperti daun temurui dan daun pandan yang dirajang kasar serta digoreng renyah. Apabila kita cicipi daun renyah tersebut, pertama kali akan terasa aneh, namun apabila dipadukan dengan ayam goreng, maka akan menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat. Rasanya yang khas itulah yang menjadi salah satu keistimewaan dari Ayam Tangkap ini.

Pengolahan Dan Penyajian Ayam Tangkap

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Ayam Tangkap ini terbuat dari bahan dasar seperti, ayam potong, daun temurui, daun pandan dan cabe hijau. Untuk cabe hijau ini biasanya menggunakan cabe panjang yang nantinya akan disajikan bersama dengan daun temurui dan daun pandan. Sedangkan untuk aneka bumbu yang biasanya digunakan di antaranya seperti, bawang putih, bawang merah, cabe rawit, kunyit, jahe, dan air asam jawa.

Dalam proses pembuatan Ayam Tangkap ini, pertama daging ayam dipotong sesuai dengan keinginan dan dibersihkan. Setelah bersih, daging kemudian direndam bersama bumbu hingga meresap lalu daging ayam digoreng hingga matang. Setelah hampir matang, kemudian daun temurui, cabe hijau dan daun pandan digoreng bersama dengan daging ayam tadi. Setelah semuanya matang, lalu tiriskan. Ayam Tangkap biasanya disajikan langsung bersama dengan daun-daunan yang sudah digoreng tersebut. Untuk menambah aroma, biasanya cukup ditaburi dengan bawang goreng.

Cita Rasa Ayam Tangkap

Bagi anda yang baru pertama kali menikmati masakan Ayam Tangkap ini, biasanya akan merasakan sensasi rasa yang berbeda dengan masakan ayam lainnya. Rasa daging ayamnya yang gurih dipadukan dengan daun temurui dan daun pandan yang renyah tentu memberikan cita rasa yang khas pada makanan tradisional satu ini. Ayam Tangkap sangat cocok disajikan selagi hangat bersama dengan nasi hangat juga.

Kuliner Ayam Tangkap

Ayam Tangkap merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di daerah Aceh. Bagi anda yang baru berkunjung ke sana, tidak terlalu sulit menemukan makanan satu ini, karena banyak warung makan atau restoran yang menyediakan menu Ayam Tangkap ini. Untuk masalah harga dan rasa tentunya sangat bervariasi, sehingga anda harus rajin bertanya dan mencari rekomendasi yang tepat agar sesuai dengan keinginan anda.

Sekian pengenalan tentang “Ayam Tangkap Makanan Tradisional dari Aceh”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang makanan tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !

Sumber Gambar : masakandapurku.com

Related Posts: