Kopi Gayo Minuman Tradisional Khas Aceh

Minuman tradisional satu ini merupakan minuman jenis kopi yang khas dari daerah Aceh. Namanya adalah Kopi Gayo.

Apakah Kopi Gayo itu?

Kopi Gayo adalah salah satu jenis kopi yang dihasilkan dari perkebunan kopi di dataran tingggi Gayo, Aceh. Di sana terdapat dua varietas kopi yang banyak dikembangkan oleh masyarakat, di antaranya jenis kopi Arabica dan jenis kopi Robusta. Berbeda dengan jenis kopi di Indonesia lainnya, jenis kopi satu ini memiliki cita rasa dan aroma yang sangat khas, sehingga banyak digemari oleh para penikmat kopi. Kopi Gayo ini merupakan salah satu jenis kopi yang terkenal di Indonesia, bahkan kualitasnya sudah diakui oleh dunia.

Keunikan Dan Keistimewaan Kopi Gayo

Salah satu keunikan dan keistimewaan Kopi Gayo ini terletak pada rasa dan aromanya. Kopi Gayo memiliki rasa yang bervariasi, karena letak tanah, kadar air, dan kondisi tanah di dataran tinggi Gayo cenderung berbeda-beda. Walaupun berbeda namun bukan berarti kualitasnya juga berbeda, hanya saja rasanya lebih bervariatif sehingga semakin memperkaya cita rasa Kopi Gayo ini. Selain itu, Kopi Gayo juga memiliki aroma yang sangat khas dan berbeda dengan aroma kopi lainnya. Hal inilah yang membuat Kopi Gayo semakin unggul dibandingkan jenis kopi lainnya.

Proses Pengolahan Kopi Gayo

Proses pengolahan Kopi Gayo ini selalu dilakukan dengan hati-hati dan penuh ketekunan agar menghasilkan kopi kualitas terbaik, mulai dari proses pemilihan hingga proses pemasarannya. Pada saat masa panen tidak semua buah kopi dipetik, karena yang dipilih adalah buah kopi yang sudah matang saja, yaitu buah kopi yang sudah berwarna merah. Setelah selesai memetik kemudian dilanjutkan dengan proses pulpen menggunakan mesin khusus. Lalu setelah itu dilakukan proses fermentasi.
Gambar : Buah Kopi
Pada proses fermentasi ini, biji kopi dicuci dengan air yang benar-benar bersih. Setelah selesai pencucian kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Proses penjemuran ini juga harus berhati hati karena penjemuran tidak boleh menyentuh tanah. Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan proses hulling dan menghasilkan kopi yang dikupas kulit kukunya. Kemudian dijemur lagi dan dilakukan proses greader tau pemilihan biji berdasar kualitas. Kemudian kopi sudah siap dijual.

Cita Rasa Kopi Gayo

Selain rasanya yang bervariasi, Kopi Gayo juga memiliki cita rasa yang ringan dan tidak terlalu pahit seperti kopi lainnya. Bahkan juga terasa sedikit gurih sehingga memberikan cita rasa yang khas pada Kopi Gayo ini. Perpaduan rasanya yang khas dan aromanya harum tentu membuat Kopi Gayo ini semakin komplit. Selain itu, Kopi Gayo ini juga rendah kafein sehingga masih aman untuk dikonsumsi.

Tempat Penjualan Kopi Gayo

Kopi Gayo merupakan salah satu produk Aceh yang cukup terkenal, tidak hanya di Indonesia saja, namun juga sampai keluar negeri. Sehingga bagi anda yang berada di luar Aceh, bisa mencarinya di toko-toko besar di kota anda. Namun apabila anda sedang berkunjung atau berwisata ke Aceh, maka kurang lengkap bila belum menikmati kopi ini di tempat asalnya. Di Aceh, kopi satu ini tidak hanya di jual ditoko-toko, tapi banyak juga warung-warung kopi yang menyediakan minuman satu ini. Selain lebih mudah, tentu anda juga bisa menikmati langsung racikan kopi yang pas dan nikmat dari masyarakat di sana.

Sekian pengenalan tentang “Kopi Gayo Minuman Tradisional Khas Aceh”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !

Sumber gambar : kompasiana.com | tempo.co

Related Posts: