Martabak Aceh Makanan Tradisional Dari Aceh

Makanan satu ini merupakan salah satu jajanan khas yang sangat digemari oleh masyarakat Aceh. Namanya adalah Martabak Aceh.

Apakah Martabak Aceh itu?

Martabak Aceh adalah salah satu makanan tradisional sejenis martabak yang khas dari daerah Aceh. Dilihat dari penampilannya, martabak satu ini berbeda dengan martabak di Indonesia pada umumnya, begitu juga dalam segi rasa, Martabak Aceh ini tentu memiliki cita rasa yang sangat khas. Martabak Aceh merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Aceh. Karena rasanya yang khas, makanan ini sangat digemari oleh masyarakat sekitar maupun para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Keunikan Dan Keistimewaan Martabak Aceh

Salah satu keunikan dari Martabak Aceh ini adalah dari penampilannya. Apabila martabak pada umumnya menggunakan kulitnya untuk membungkus isi martabak, namun berbeda dengan Martabak Aceh yang menggunakan telur untuk membungkus kulit martabak. Penampilan Martabak Aceh ini sekilas hampir mirip dengan Telur Dadar. Namun di bagian tengahnya terdapat kulit martabak yang terbuat dari adonan khusus. Selain itu di bagian luar juga terdapat rajangan seperti bawang merah dan daun bawang sebagai penyedap rasa.

Proses Pembuatan Martabak Aceh

Untuk membuat Martabak Aceh ini ada dua hal yang harus dipersiapkan, yaitu kulit martabak dan adonan telur. Kulit martabak biasanya terbuat dari bahan seperti tepung, mentega, dan telur. Proses pembuatannya hampir sama dengan kue cane, yaitu campur semua bahan dan diaduk menjadi adonan. Setelah jadi, adonan tersebut digoreng tipis-tipis hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Kemudian untuk membuat adonan telur biasaya terdiri dari bahan seperti telur, garam, daun bawang dan bawang merah.  Selain itu ada juga yang menambahkan beberapa bahan seperti bawang bombay, udang kecil, seledri, dan lain-lain, sebagai variasi. Untuk membuat adonan tersebut, caranya hampir sama dengan membuat adonan telur dadar, yaitu telur dan bahan tadi dimasukan ke dalam wadah dan dikocok-kocok hingga rata.

Setelah kulit martabak dan adonan telur selesai, kemudian panaskan minyak secukupnya dalam wajan martabak. Setelah minyak panas, kemudian adonan telur dituangkan secukupnya ke dalam wajan dan dilebarkan seperti halnya membuat telur dadar. Setelah telur memadat, kemudian letakan kulit martabak di atas telur dan lipat telur sesuai dengan ukuran kulit martabak. Setelah itu lakukan lagi proses yang sama untuk bagian sebaliknya hingga kulit martabak tertutup dengan telur. Setelah itu goreng lagi hingga matang.

Penyajian Martabak Aceh

Martabak Aceh biasanya sering disajikan bersama dengan Acar. Acar ini biasanya terbuat dari bahan seperti bawang merah dan cabe hijau. Untuk pembuatan acar ini hampir sama dengan acar pada umumnya. Selain bisa dijadikan sebagai menu cemilan, di beberapa tempat, Martabak Aceh ini juga bisa disajikan bersama Kuah Kari.

Cita Rasa Martabak Aceh

Martabak Aceh ini tentu memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan martabak pada umumnya. Rasa gurih pada adonan telur di bagian telur dipadukan dengan rasa kenyal dari kulit martabak ini tentu memberikan sensasi rasa tersendiri saat anda menyantapnya. Selain itu dipadukan juga dengan acar yang segar tentu membuat kenikmatan Martabak Aceh ini semakin komplit. Selain sebagai pelengkap, acar ini juga bisa mengurangi rasa eneg saat anda menyantapnya terlalu banyak.

Kuliner Martabak Aceh

Martabak Aceh merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Aceh. Di sana, makanan ini sangat mudah ditemukan karena banyaknya penjual yang menjajakannya di warung martabak, warung kopi, tempat makan, bahkan secara keliling. Sehingga bagi anda yang berkunjung atau berwisata ke Aceh dapat dengan mudah menemukannya. Untuk masalah harga dan rasanya cukup bervariasi, karena banyaknya penjual yang menjajakan makanan satu ini. Sehingga anda memerlukan rekomendasi yang tepat untuk menikmatinya sesuai dengan keinginan anda.

Sekian pengenalan tentang “Martabak Aceh Makanan Tradisional Dari Aceh”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !  

Sumber gambar : lorongaceh.com

Related Posts: