Tari Papatai Kalimantan Timur

Tari Papatai adalah tarian perang tradisional masyarakat suku Dayak di Kalimantan timur. Tarian ini menggambarkan keberanian lelaki dari suku Dayak saat berperang.

Sama dengan kesenian tari  perang suku Dayak lainnya, namun dalam tarian ini tidak hanya terdapat seni perang, tapi juga terdapat seni teatrikal dan seni tari. Dalam masyarakat suku dayak, tarian ini biasa di sebut dengan kancet papatay.

Related Posts:

Tari Jepen Kalimantan Timur

Tari Jepen adalah salah satu tarian tradisional dari Kalimantan timur yang terinspirasi dari kebudayaan melayu dan budaya islam.
Tari japen ini berkembang di  berbagai daerah pinggiran sungai Mahakam Kalimantan timur. Tarian ini merupakan salah satu tarian yang mempresentasikan kebudayaan melayu yang dinamis, atraktif, energik dan bersahaja.

Related Posts:

Mie Aceh Kuliner Tradisional Aceh

Aceh memang memiliki banyak hal yang menarik. Selain budayanya yang kental dengan nuansa yang Islamic, Aceh juga memiliki kuliner yang patut untuk di coba. Salah satu kuliner yang terkenal adalah Mie Aceh.
kuliner khas aceh
Apakah Mie Aceh itu? Yuk kita cari tahu di sini !

Related Posts:

Tari Tortor Kesenian Tradisional Batak

Masih di pulau Sumatera, kali ini dari bumi Batak, Sumatera utara. Masyarakat Batak memiliki banyak kesenian yang unik. Salah satunya adalah Tari Tortor yang sangat terkenal di Indonesia.
tradisi kesenian batak
Nah, apakah Tari Tortor itu? Yuk kita cari tahu di sini!

Related Posts:

Tari saman Kesenian Tradisional Banda Aceh

Aceh merupakan salah satu daerah yang kental akan tradisi islamnya. Daerah yang mempunyai julukan “Serambi Mekah” ini memiliki beberapa kesenian yang unik. Salah satunya adalah Tari saman.
Kesenian Tradisional Banda Aceh
Nah apakah Tari saman itu? Yuk kita cari tahu di sini !

Related Posts:

Kesenian Nusantara - Lenong

Lenong merupakan salah satu kesenian khas dari Jakarta. Jakarta yang kita kenal selama ini sebagai kota yang metropolis memiliki berbagai kesenian yang menarik, salah satunya adalah Lenong.

Nah apakah kesenian lenong itu? Yuk kita cari tahu di sini!

Related Posts:

Kesenian Nusantara - Ketoprak

Ketoprak merupakan salah satu kesenian Indonesia  yang populer di jamannya.

Berbicara tentang ketoprak mungkin namanya sama dengan nama salah satu kuliner di Indonesia. Tapi apa sih kesenian ketoprak itu? Nah yuk kita cari tahu!

Related Posts:

Kesenian Nusantara - Wayang Wong

Wayang wong atau wayang orang merupakan salah satu kesenian tradisional Indonesia yang sangat popular.
Wayang wong adalah suatu pertunjukan teater  yang di lakukan sekelompok orang yang menceritakan cerita pewayangan.  Wayang wong merupakan  suatu perpaduan seni drama, tari dan cerita pewayangan yang di kemas menjadi satu dalam suatu pertunjukan wayang wong.

Related Posts:

Kesenian Nusantara - Gamelan

Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia. Alat musik gamelan bisa kita temukan di pulau Jawa, Madura, Bali dan Lombok.


Gamelan adalah alat musik yang menggunakan perpaduan beberapa alat musik seperti gendang, gambang dan gong yang menjadikan suatu suara yang indah saat di mainkan bersama. Nama gamelan sendiri berasal dari kata “Gamel”  yang dalam bahasa jawa berarti memukul/menabuh /memainkan. 

Related Posts:

Kesenian Nusantara - Wayang Kulit

Wayang kulit merupakan salah satu kesenian tradisional Indonesia yang berkembang terutama di jawa.
Wayang kulit adalah kesenian boneka dari kulit yang di mainkan oleh dalang sebagai narrator dialog tokoh wayang. Selain dalang, wayang kulit juga diiringi oleh gamelan yang di mainkan oleh para nagaya dan tembang( lagu jawa) yang di mainkan oleh para sinden.

Related Posts:

Kuliner Nusantara - Rawon

Rawon adalah salah satu kuliner warisan nusantra yang cukup popular. Rawon merupakan salah satu makanan khas dari jawa timur seperti Surabaya dan daerah sekitarnya.



Namun rawon juga popular di daerah jawa tengah bagian timur seperti Surakarta. Tidak hanya sampai di situ rawon juga menyebar luas di beberapa tempat lain di Indonesia, karena banyaknya perantau yang menjual rawon dan sebagai pengobat rindu akan kampung halaman mereka.

Related Posts:

Kuliner Nusantara - Nasi Pecel

Nasi pecel merupakan salah satu kuliner daerah yang terkenal di Indonesia, dan merupakan salah satu kekayaan kuliner nusantara.  Nasi pecel adalah makanan perpaduan antara nasi, sayur rebus dan bumbu kacang.

 Asal mula pecel masih belum di ketahui pastinya. Namun dari beberapa sumber, pecel berasal dari daerah jawa timur. Karena disana banyak terdapat

Related Posts:

Kuliner Nusantara - Gulai

Gulai merupakan salah satu kuliner yang tersebar luas di Indonesia. Beberapa jenis gulai yang terkenal yaitu gulai ayam, gulai kambing dan gulai sapi.
Gulai adalah masakan yang berbahan daging atau sayuran dengan bumbu yang kaya akan rempah - rempah. 

Related Posts:

Kuliner Nusantara - Gudeg

Berbicara tentang gudeg maka tidak bisa di pisahkan dari kota jogja. Ya, karena gudeg merupakan makanan khas Yogjakarta, sehingga kota Yogyakarta di sebut sebagai kotanya gudeg.


Dari jaman dulu sampai sekarang Yogyakarta atau jogja tetap terkenal dengan gudeg sebagai makanan khasnya.

Related Posts:

Kuliner Nusantara - Gado Gado

Gado- Gado, Mendengar kata gado-gado mungkin telinga kita sudah tidak asing lagi dengan makanan khas satu ini.

Ya, Gado – gado adalah salah satu makanan khas nusantara yang di buat dari sayur-sayuran rebus dan berbagai campuran seperti kentang rebus, telur rebus,tempe,tahu , kerupuk yang di sirami dengan bumbu kacang. 

Related Posts:

Kuliner Nusantara - Tempe Penyet


Tempe penyet merupakan salah satu menu kuliner nusantara yang Indonesia banget. Bagi anda pecinta kuliner di Indonesia pasti tidak asing lagi dengan kuliner satu ini.



Tempe penyet merupakan salah satu makanan khas dari jawa timur. makanan ini terbuat dari tempe yang di goreng dan di lumat dengan sambal.

Related Posts: